Asrama ITERA

"Harmony in Diversity"

               

Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

 

Pendidikan tinggi bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/ atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/ atau menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan/ atau kesenian; mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/ atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

 

Menurut Ki Hajar Dewantara, ada tiga pusat pendidikan, yaitu: keluarga, sekolah dan masyarakat. Asrama Mahasiswa dapat mewakili dua pusat pendidikan, yaitu: keluarga dan masyarakat. Kehidupan di asrama dapat dipandang sebagai kehidupan keluarga. Dalam asrama terjadi interaksi antar warga asrama sebagaimana interaksi sesama saudara dan interaksi antara warga asrama dengan Pembina sebagai interaksi antara anak dengan orang tua. Asrama juga dapat dipandang sebagai  kehidupan masyarakat. Sejumlah warga asrama datang dari berbagai daerah, dari berbagai kultur, dengan karakteristik berbeda-beda. Interaksi kehidupan dalam heterogenitas warga seperti di atas dapat menggambarkan kehidupan masyarakat.

 

Pendidikan dengan kelengkapan asrama, merupakan bentuk pendidikan yang telah ada berabad-abad lamanya telah digunakan di Indonesia, banyak menekankan prinsip kekeluargaan dan gotong royong. Para pendidik bukan hanya berperan sebagai guru atau pengajar tetapi juga pemimpin, teman dan contoh atau model. Prinsip-prinsip demikian dapat dikembangkan dalam kehidupan Asrama Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera. ITERA telah memulai pelaksanaan program pembinaan untuk mahasiswa tingkat pertama di asrama pada tahun 2017.

 

Secara umum Asrama bertujuan untuk:

  1. Membina mahasiswa ITERA menjadi insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Meningkatkan wawasan berpikir, memiliki intelektualitas dan integritas kepribadian bagi mahasiswa ITERA;
  3. Membangun ketrampilan sosial dalam kehidupan bermasyarakat yang baik bagi mahasiswa ITERA.

Secara khusus Asrama bertujuan untuk:

  1. Menyediakan tempat tinggal bagi mahasiswa (khususnya mahasiswa baru) yang berasal dari luar Kota Bandar Lampung;
  2. Menyediakan tempat tinggal yang sehat dan dekat dengan kampus ITERA;
  3. Menyediakan wahana belajar yang merupakan komponen dari kegiatan belajar;
  4. Menyediakan wahana bagi pengembangan pribadi dalam pengembangan kedisiplinan, rasa sosial, tanggung jawab, kemandirian, dan kepemimpinan.

Asrama memiliki tiga fungsi pokok yaitu:

  1. Mendukung keberhasilan akademik bagi warga asrama, baik bidang kurikuler maupun non kurikuler;
  2. Sebagai tempat untuk membangun karakter mahasiswa seperti etika, kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab, komitmen, tangguh, peduli terhadap orang lain;
  3. Sebagai tempat untuk berlatih menjalani kehidupan sosial kemasyarakatan.

Copyright © 2018 Asrama - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)